Berdiri di Tengah Laut Surabaya

Apa nama tempat wisata bahari di Surabaya yang paling sering dikunjungi ? Jawabannya pasti, Pantai Kenjeran Surabaya. Ya, tempat wisata yang satu ini memang menjadi salah satu ikon dari kota Surabaya. Bahkan namanya sudah menggaung sampai ke negeri kincir angin Belanda.

 

Pantai Kenjeran memang menjadi magnit bagi para wisatawan, baik wisatawan dari dalam maupun luar kota bahkan dari mancanegara. Alasan mereka mengunjungi Pantai Kenjeran adalah karena mayoritas dari mereka belum mengetahui bahwa Surabaya pun juga mempunyai pantai, maka dari itu mereka berkunjung ke Kenjeran.

Para wisatawan yang datang berkunjung tidak hanya dari antar-kota saja, wisatawan mancanegara pun pernah mengunjungi tempat wisata yang satu ini. Mulai dari Korea, Jepang, India hingga warga dari negara kincir angin Belanda pun pernah datang berkunjung.

Awalnya wisata Pantai Kenjeran hanya dimiliki oleh pemerintah kota Surabaya. Namun, belakangan pantai Kenjeran terbelah menjadi dua bagian. Pantai Kenjeran Lama dan Pantai Kenjeran Baru. Sebagian dari lahan pantai kenjeran telah dibeli oleh pihak swasta. Keduanya berjalan dengan baik, tidak ada yang dirugikan dari adanya perbedaan status kepemilikan ini.

Untuk menjaga minat para pengunjung pantai kenjeran lama agar tidak kalah saing dengan yang baru, beberapa strategi telah dilakukan oleh para pegawai kantor pantai kenjeran. Seperti selalu meningkatkan dan memperbaiki mutu pelayanan, penataan para pedagang keliling di sekitar pantai agar tidak mengganggu kenyamanan pengunjung, meminimalisir kejahatan dengan disediakannya petugas kemanan yang selalu menjaga di daerah sekitar pantai. Untuk petugas keamanannya pun tidak hanya mengandalkan satpam, tetapi juga ada koramil, polsek dan polwil.

“Sekarang kita mulai berbenah untuk menata para PKL-PKL sejak awal tahun baru 2014. Soalnya, maaf saja, para PKL itu susah diaturnya. Ndableg (nakal)” tutur Tri…selaku pegawai kantor pantai kenjeran. Untuk mensiasati para PKL yang ndableg, mereka telah menyediakan tempat atau lahan khusus untuk mereka berdagang. Namun tetap saja, beberapa dari mereka masih berkeliling menjajakan dagangannya.

Di pantai ini, kita bisa menyebrangi laut dengan menyewa sebuah perahu hanya merogoh dengan modal Rp 6000. Anda akan melewati jembatan yang membentang panjang di atas bibir laut dan sesekali anda akan melihat beberapa anak kecil berenang dengan riangnya.

Setelah menaiki perahu anda akan dibawa ke suatu tempat di tengah laut dimana anda bisa berdiri dengan tegak tanpa takut tenggelam. Di sana, anda bisa mencari kerang, bintang laut, dan hewan hewan laut lainnya. Inilah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung pantai kenjeran lama. Tak mau kalah dengan saingannya, Pantai Ria Kenjeran (Kenjeran Baru), pihak pegawai pantai kenjeran terus meningkatkan mutu pelayanan dan kenyamanan pengunjung.

 

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s